Data Recovery NAS SAN 

nas recovery data

Recovery Data Harddisk NAS – SAN,

SinergiCom dapat menangani penyelamatan data recovery service harddisk atau pemulihan data harddisk untuk semua merk dan type brand Harddisk NAS Network Attached Storage atau Harddisk SAN  Storage Area Networks dari semua Operating System.
SinergiCOM berpengalaman dan ahli dalam penanganan Server Data Recovery atau Recovery Data NAS RAID Server. Salah satu keahlian khusus SinergiCom adalah Spesialist Data Recovery Server pada NAS atau SAN RAID. SinergiCom dapat menangani Data Recovery untuk semua konfigurasi RAID, untuk semua merek dan Type Harddisk NAS atau SAN.
NAS umumnya didukung konfigurasi Logic RAID 0, 1, 5, 6, 10, atau JBOD.
NAS atau Network Attached Storage, sekarang makin banyak digunakan untuk harddisk external yang dipergunakan pada Workstation. NAS atau SAN banyak dipergunakan sebagai file sharing server karena kapasitasnya yang cukup besar dan kapasitasnya dapat terus ditingkatkan sesuai jumlah slot harddisk yang tersedia, Sehingga kapasitas penyimpanan data NAS yang besar dapat untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data yang besar untuk banyak users.

Network Attached Storage (NAS)
NAS atau Network Attached Storage adalah harddisk yang dikonfigurasi dan dipasang di jaringan LAN dengan memberi IP Address sendiri, Sehingga NAS dapat dipergunakan sebagai file sharing server dan diakses melalui Network oleh banyak user secara bersamaan sekaligus. Harddisk NAS Network-Attached Storage tidak dipasang menggunakan kabel data USB sebagaimana harddisk external dengan cara memasang langsung di komputer server yang menjalankan aplikasi.
Dengan memindahkan akses data ke storage NAS dari server, Maka akan meringankan kerja Server Operating System karena program aplikasi dan file sharing bekerja dalam harddisk yang terpisah tidak dalam Operating System, Dimana data-data file sharing dapat diakses langsung ke Storage NAS. NAS ini terdiri dari multy harddisk storage (NAS umumnya menggunakan config RAID) menggunakan unix atau linux Logical software untuk menyusun konfigurasi Logic RAID pada harddisk.
Network-Attached Storage (NAS) adalah teknologi penyimpanan data pada harddisk yang dikonfigurasi dengan memberikan IP Address tersendiri pada jaringan LAN, Sehingga NAS dapat diakses oleh banyak user bersamaan sekaligus yang terhubung dalam jaringan LAN. Dengan cara akses file data ke storage seperti ini, maka aplikasi dan data-data file dapat diakses lebih cepat, Karena dalam pengoperasiannya NAS tidak menggunakan resource processor dan memory computer server, Dimana user dapat terhubung langsung ke storage NAS tanpa melalui computer server sehingga kerja processor dan memory computer server tidak terbebani oleh proses write read copy data atau akses ke harddisk yang dilakukan oleh banyak user secara bersamaan sekaligus.

Sekarang ini harddisk NAS sudah dipergumakan menjadi trend standar umum penggunaan penyimpanan file-file data pada jaringan LAN, Dimana umumnya untuk aplikasi dipergunakan melalui computer server sedang pada penyimpanan file data-data menggunakan NAS.
Console NAS terdiri dari beberapa hard disk storage yang sudah terinstall software Logic RAID untuk mengkonfigurasi RAID secara Logic. Harddisk NAS dapat disusun dengan konfigurasi Logic RAID 0, RAID 1, RAID 5, RAID 6, RAID 10.

NAS merupakan sebuah media strorage yang bisa terhubung melalui sebuah jaringan LAN. NAS (Network-atteched storage) sebagai sebuah perangkat harddisk yang sudah dilengkapi dengan beberapa unit hardisk terpasang sebagai media penyimpanan harddisk yang memungkinkan berbagi file-file data melalui sebuah jaringan LAN. Hardisk NAS merupakan sebuah perangkat penyimpanan data yang memiliki system independent. Hard disk NAS ini sudah memiliki sistem operasi sendiri untuk pengaturan penyimpanan file-file data yang sudah dilengkapi dengan software perangkat lunak untuk pengelolaan atau management harddisk yang terpasang dalam unit console NAS.

NAS memberikan penawaran system penyimpanan file-file data yang bisa meringankan kinerja dari sebuah komputer server sebagai media untuk penyimpanan file-file data dalam pembagian fungsi dan tugas harddisk yang lebih baik dan flexible. Hardisk NAS ini merupakan sebuah perangkat harddisk yang sangat mudah dipergunakan, serta memiliki fungsi flexible yang sangat memudahkan user dalam pengelolaan dan pengoperasiannya.

Memang hard disk dengan spesifikasi khusus untuk NAS ini termasuk sebuah perangkat harddisk yang terbilang memiliki rentang yang lebih mahal dari hardisk biasanya, harganya harddisk spesifikasi NAS harganya bisa sampai dua kali lipat dari harddisk biasa. Namun dengan harga yang relatif mahal ini rasanya cukup wajar jika kita bandingkan dengan kemudahan yang dihadirkan oleh perangkat hardisk NAS ini.

Data Recovery Harddisk NAS
Selama pengoperasian perangkat hardisk NAS ini pastikan hardware yang ada pada console hardisk NAS berada ditempat atau posisi yang mendapatkan sirkulasi aliran udara bisa berjalan dengan lancar.
Letakan console hardisk NAS pada tempat atau ruangan yang kering dan sejuk dingin, Hindari console hardisk NAS dari sengatan sinar matahari secara langsung karena panas yang berlebihan akan menyebabkan part komponen-komponen yang berada pada hardisk NAS akan cepat mengalami kerusakan, Panas yang berlebih juga akan bisa mengurangi usia pakai part komponen harddisk NAS sehingga akan mengurangi kualitas dan kinerja hardisk NAS untuk pemakaian jangka panjang.
Jika ingin mengganti satu hardisk pada hardisk NAS, tunggu sampai proses penyingkronan berjalan sampai selesai 100%.
Untuk penambahan atau penggantian salah satu hardisk pada console NAS pastikan hardisk yang akan diganti atau ditambahkan merupakan hardisk yang sama size kapasitas hardisk dengan size kapasitas harddisk semula.
Disaat mengganti media penyimpanan hardisk NAS, hindari sentuhan atau tekanan berlebihan pada komponen backplane dan juga pada konektor yang ada pada hardisk NAS.